Pertama Dalam 27 Tahun, Maskapai Arab Saudi Terbang ke Irak


Maskapai penerbangan milik negara Arab Saudi, Saudi Arabian Airlines meluncurkan penerbangan pertamanya ke kota Baghdad di Irak, setelah 27 tahun menutup rute ke kota tersebut. 

Penerbangan pertama Saudi Arabian Airlines ke Baghdad dilakukan pada Senin (30/10/2017) waktu setempat. Maskapai Saudi Arabian Airlines akan menghubungkan kota Jeddah dengan Baghdad.

Penerbangan maskapai milik kerajaan Arab Saudi ke Baghdad ini dilakukan setelah dua minggu sebelumnya maskapai swasta Saudi Flynas melakukan penerbangan komersial pertama dari Riyadh ke Baghdad.

Berdasarkan berita resmi dari Saudi Press Agency yang dilansir melalui AFP, Saudi Arabian Airlines akan meresmikan penerbangan reguler antara kerajaan dan Irak setelah terputus 27 tahun.

Hal ini dilakukan sejalan dengan meningkatnya hubungan baik antara kedua negara.

Penerbangan antara Irak dan Arab Saudi sebelumnya dihentikan pada Agustus 1990 setelah mantan presiden Irak Saddam Hussein memerintahkan pasukannya menyerang negara tetangga, Kuwait.

Setelah bertahun-tahun menjalin hubungan yang tegang, hubungan baik antara Sunni yang diperintah oleh Arab Saudi dan Irak yang mayoritas Syiah mulai terlihat dalam beberapa bulan terakhir.

Awal bulan ini Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi dan Raja Saudi Salman mengadakan pertemuan pertama dewan koordinasi bersama Arab Saudi, yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan strategis.

Irak mencari keuntungan ekonomi dari hubungan yang lebih dekat dengan Riyadh karena kedua negara menderita kemerosotan minyak yang berkepanjangan. Arab Saudi juga berusaha untuk melawan pengaruh Iran di Irak.

Pangeran Al-Waleed bin Talal yang merupakan miliarder Saudi memegang saham 34 persen Saudi Arabian Airlines juga berencana untuk memperluas rute dari bandara Saudi ke kota-kota besar lain di Irak.

BONUS IBCBET (MAXBET) 988Betlink

Deposit 100 Ribu Dapatkan 125 Ribu
Deposit 500 Ribu Dapatkan 650 Ribu
Deposit 1 Juta Dapatkan 1.5 Juta